Search Artikel



BIOS
STARTbyFINISH.com .Overlocking merupakan  seni untuk menguji kreatifitasdalam mengembangkan logika yang sudah ada dengan mengedepankan standar logika yang sudah ditetapkan produsen hardware, menegedepankan standar yang sudah ada untuk suatu kualitas yang lebih dari kualitas standard.  Ide dasar sebuah overlocking adalah meningkatkan performa dari sebuah system melebihi dari setingan standar dari pabrik atau pembuat Hardware .
Sampai sekarang konsep dari sebuah overlocking masih tetap sama dari sebelumnya. Yang sering berubah adalah cara dalam menerapkan feature yang sengaja ditanamkan oleh berbagai produsen untuk memberi kemudahan para overlocker dalam melakukan overlocking. Dunia overlocking sendiri selalu bergerak dinamis, sesuai dengan perkembangan komponen hardware itu sendiri.
Overlocking sudah menjadi sebuah tolak ukur dalam melakukan tes dalam meningkatkan citra sebuah produck di pasaran, maka dari itu tidak heran kalau berbagai produsen berlomba-lomba melengkapi  feature yang mendukung untuk melakukan overlocking untuk memberi kemudahan para penggunanya yang mempunyai hobby mengutak-atik BIOS untuk meningkatkan performa system komputernya.

Jika feature overlocking digunakan oleh orang yang kurang paham atau belum mengetahui soal ovelocking maka akan terjadi kerusakan pada hardware itu sendiri. Sebenarnya setiap kita membeli perangkat hardware akan disertakan buku  panduan  sebagai pedoman manual produk yang kita beli, maka dari itu ada baiknya kita membacanya terlebih dahulu.
Meskipun kita sering melakukan overlocking tapi sebuah product baru biasanya ada perubahan feature, sehingga tidak ada alasan untuk tidak membaca buku panduan.
Jika bicara soal troubleshooting ,  maka kita akan kembali pada dasar dari overlocking untuk mengetahui , dari mana kita mulai melakukan overlocking.

Sebagian orang melakukan dengan perubahan setingan pada BIOS agar hardware dapat berjalan melebihi  standard yang ditetapkan oleh pihak produsen hardware. Tidak jarang saat kita melakukan overlocking terjadi error, maka hal pertama yang harus kita lakukan  adalah mengembalikan BIOS pada kondisi normal supaya hardwre berjalan dengan normal kembali.  Dari sini kita dapat melakukan  settingan BIOS sampai menemukan setingan yang PASS atau cocok dengan kondisi hardware yang kita miliki.

Overlocking dan BIOS mempunyai keterikatan satu sama lain. BIOS memiliki kemapuan dalam hal mengatur kinerja dan keistabilan sebuah system.  Dari BIOS inilah overlocking dilakukan pertama kali dengan melakukan perubahan settingan , sebuah hardwre akan berjalan  melebihi dari yang sudah ditentukan (Standard). Kalau boleh saya katakana overlocking , kurang lebih 80% dilakukan pada BIOS dan sisanya dengan bantuan software pada windows dan tools lainnya.


Tidaklah mengherankan kalau para produsen yang menjadi perhatian utama dalam memproduksi sebuah motherboard adalah BIOS, karena BIOS merupakan pusat dalam menetukan kinerja, performan, dan keistabilan sebuah system computer atau BiOS merupakan roh sebuah system computer karena apabila chip pada BIOS mengalami kerusakan maka computer akan mati total. Meskipun komponen lain kelihatan berjalan normal tapi BIOS mengalami kerusakan maka tnda-tanda kehudupan tidak akan tanpak, CPU tidak menemukan script yang ada pada BIOS.
English: RAGE BIOSEnglish: RAGE BIOS (Photo credit: Wikipedia)

Enhanced by Zemanta
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

0 komentar:

 
STARTbyFINISH ™ © 2015. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top